Sabtu, 14 Oktober 2017

DEFINISI NLP BAGIAN 2



Pada artikel sebelumnya kita telah membahas Pengertian NLP secara Bahasa. Nha pada kesempatan kali ini saya akan membahasn Pengertian NLP menurut para tokoh dengan sudut pandang yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa pendapat tersebut. Mari kita ulas satu persatu.
1.    The science of how the brain codes learning and experience.
Adalah ilmu yang mempelajari bagaimana otak mengkodekan sebuah pembelajaran dan pengalaman. Jadi pada dasarnya kahidupan yang kita jalani ini tidak terlepas dari proses belajar. Apapun yang kita lakukan saat ini merupakan proses belajar bagi otak kita. Dengan kata lain sepanjang kita menjalani kehidupan di dunia ini kita terus melakukan proses pembelajaran. Dan proses pembelajaran tersebut terkodekan dalam benak kita, dalam bentuk jaringan neuron dalam otak kita, sehingga timbullah apa yang kita kenal pengalaman.

Contohnya pada saat anda pertamakali bekerja di tempat anda bekerja. Apa yang anda lakukan? Tentu saja anda memulainya dengan mengenali terlebih dahulu situasi dan suasana di sana. Mengenali apa yang harus anda lakukan di dalam pekerjaan anda. Menganal rekan-rekan kerja anda, bos anda, divisi anda. Yang mana pada saat yang sama otak anda belajar untuk mengenali semua apa yang ada di sekitar anda.

Dan setelah beberapa lama berkerja dan anda memilih resign dan mencari kerja yang baru. Bukankah pekerjaan anda sebelumnya menjadi sebuah pengalaman kerja bagi anda. Dan saat ini anda sedang mencoba pengalaman baru (belum terbentuk) dengan mengambil bidang pekerjaan lain yang tentunya anda harus belajar banyak hal baru lagi bukan?

Dan percaya atau tidak, di setiap kejadian yang kita alami tersebut. Otak kita mengkodekannya tanpa henti. Bahkan saat anda tidur sekalipun. Sehingga terkadang proses pengkodean tersebut terbawa sampai ke alam mimpi. Saya yakin andapun sering mengalami ha ini bukan?

2.    The study of the structure of subjective experience.
Sebuah bidang studi yang mempelajari struktur dari pengalaman yang subjektif. Pengalaman subjektif disini dimaksudkan dengan pengalaman yang kita alami secara langsung. Baik itu pengalaman di masa lalu, maupun pengalaman yang kita alami saat ini. Karena pada dasarnya diri kita saat ini merupakan perwujudan yang telah di bentuk oleh masa lalu kita.
Di sini NLP menjadi sebuah bidang studi yang bertugas mengajarkan kita merangkaikan setiap pengalaman yang kita alami baik itu di masa lalu maupun saat ini. Di mana merangkai tersebut di maksudkan untuk di pelajari dan di manfaatkan, serta di ubah untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Tentu saja hasil yang di targetkan di sini adalah hasil yang sesuai dengna yang kita inginkan guna kelancaran bisnis misalnya. Dan dengan meng-eliminisai berbagai mental block dalam diri kita yang sebelumnya telah terprogram secara tidak sengaja akibat kejadian di masa lalu.
3.    An attitude or methodology that leaves behind a trial of techniques.
            Sebuah perilaku atau methodologi yang meniggalkan jejak berupa berbagai teknik. Bisa dikatan semua teknik dalam nlp merupakan proses menyadari sebuah system yang terjadi secara alamiah dalam diri. Namun seringkali terjadi terhadap hal yang tak diinginkan. Dengan kata lain. Karena hal ini terjadi secara alamiah pada diri kita maka prilaku-prilaku dan methodologi-methodologi tersebut terlepas dari control kita.
            Oleh sebab itu NLP dengan menggunakan keahlian Richard Bandler dalam memodeling dan John Grinder dalam memetakan struktur yang tepat menjadikan berbagai prilaku tersebut menjadi berbagai jenis teknik yang luar biasa. Tentunya prilaku tersebut di dasari pada orang-orang yang exelence dan luar biasa. Khususnya sosok Milton H Erickson.
4.    A model of how we receive information, store information, and retrieve it.
Sebuah model tentang bagaimana kita menerima informasi, menyimpan informasi dan memanggil suatu informasi. NLP khususnya pada materi Human Model Of the World atau di kenal juga dengan system representasi mengajarkan bagaimana sebuah informasi di dapatkan dari lingkungan dan pengalaman yang dialami saat ini. Kemudian menyimpannya dalam otak sebagai bagian dari salah satu memori, setelah itu juga bagaimana kita mengingat/memanggil memori tersebut. Untuk lebih jelasnya akan di jelaskan dengan artikel yang terpisah.
5.    A revolutionary approach to human communication and development.
Sebuah pendekatan revolusiner terhadap komunikasi dan pengembangan manusia. Pengertian NLP ini mengambarkan sangat jelas sekali bahwa focus utama NLP adalah komunikasi manusia dan juga mengembangakan kemampuan manusia tersebut.
Lalu mengapa dikatakan pendekatan yang revolusion? Hal ini dimaksukan Karena tidak ada ilmu sebelumnya yang seluar biasa dan sedahsyat NLP. Yang memberikan cara pandang baru terhadap dunia.
6.    The difference that makes the difference.
Perbedaan yang menhasilkan perbedaan. Yakni di maksudkan bahwa setiap teknik NLP mengarahkan kita untuk melakukan sesuatu yang berbeda dari yang biasanya kita lakukan secara sadar. Namun hal ini memiliki efek yang luar biasa dan dahsyat. Untuk lebih memahaminya akan Nampak lebih jelas dalam artikel tentang submodality yang juga nantinya akan saya tulis di blog ini.
7.    A user’s manual for the brains.
Buku manual bagi otak. NLP adalah kumpulan teknik-teknik untuk memaksimalkan fungsi otak kita sebagai central utama dalam tubuh manusia. Yang menjadi pusat berpikir dan tersimpannya seluruh informasi. Anda akan lebih memahami akan hal ini setelah mempelajari NLP secara Khusus.
            Nha itu tadi pengertian NLP menurut para ahli. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Metode Ormond McGill

Di translate dari buku hypnosis stage ensiklopedia karya Ormond Mcgill Ini adalah metode personal saya dalam menghipnotis yang telah...