Selasa, 26 Desember 2017

Metode “Light and Shadow”



Di translate dari buku hypnosis stage ensiklopedia karya Ormond Mcgill
Ini adalah metode yang tidak biasa dalam menghipnotis yang menyertakan cahaya dan bayangan. Subjek didudukkan di depan sebuah lampu. Gunakan cahaya terang yang bersinar tepat ke arah matanya. Agar tidak menyilaukan, mintalah dia menutup matanya. Biarkan dia menyandarkan kepalanya ke belakang sehingga otot-otot lehernya menarik dengan erat.
Bereksperimenlah pada proses ini dengan diri anda sendiri dan anda akan menemukan bahwa meskipun kelopak mata menutup, cahaya bisa anda sadari seperti kemerah-merahan karena di penetrasikan melalui kelopak yang menutup.
Ini adalah metode hypnotis yang tenang, dan menggunakan sugesti verbal yang sangat sedikit.  Makanya, ketika anda melangsungkan teknik ini biarkan tatapan anda tetap pada ujung kepala subjek dan konsetrasikan sugesti mental bahwa subek menjadi mengantuk, dan akhirnya ingin pergi tidur. Pada metode ini, apapun fase hypnosis tidur yang anda harapkan untuk kembangkan pada subjek, contohnya relaksasi, kelopak mata yang berat, mengantuk, tidur, dll. Jangan mengatakannya: pikirkan saja!
Selanjutnya, tahan tangan anda di depan subjek yang menutup mata, sekitar dua inci dari wajahnya, memberikan bayangan gelap pada dirinya. Bayangan ini tahan untuk waktu yang singkat dan tiba-tiba di singkirkan. Dampak dari hal ini untuk memberikan mata subjek yang tertutup sebuah sensasi kegelapan hadir untuk mengaburkan cahaya merah. Ulangi proses cahaya dan bayangan ini beberapa kali. Terkadang buatlah efek bayangan terhadap cahaya dengan cepat, dan terkadang lakukan dengan gerakan lambat. Adakalanya anda bisa menyeimbangkan tangan anda pada setiap sisi di wajahnya, dan bayangan akan melewati arah tersebut. Variasikan prosesnya, tapi tetap pertahankan effek bayagan ke cahaya,  bayangan ke cahaya mengikuti pola tetap dalam irama. Lanjutkan proses ini sekitar tiga menit.
Lalu dengan sopan, sangat sopan, lakukanlah melewati wajah subjek anda, terkadang sentuh pipinya dengan lembut di sana sini. Gosok dahinya dengan lembut, dan lanjutkan dengan lebih banyak bayangan tanpa menyentuhnya di depan wajahnya. Terkadang buka jari-jari tangan anda ketika tangan anda berada di depan matanya yang menutup, hal ini memberikan efek gemerlapan. Efek bayangan gemerlapan ini bersifat hipnotik. Lalu tutup jari anda lagi dan buat bayangan yang penuh dan hitam. Terkadang hanya gunakan satu jari dalam membuat bayangan dan terkadang keduanya. Lakukan sekarang dengan melewati seluruh bagian tubuh subjek mulai dari wajah sampai ke perut. Lalu lakukan gerakan melewati pundak dan dadanya, terkadang sentuh dengan lembut, dan terkadang tanpa sentuhan.
Selagi anda melanjutkan proses ini, anda akan menyadari bahwa subjek anda akan mengembangkan getaran kelopak mata, dan kepalanya akan jatuh secara perlahan ke dada atau pundak; anda bisa membantu dengan mendorong perlahan ke depan dari arah berlawanan yang anda harapkan dia jatuh. Otot-otot mulut juga akan menjadi lemas, dan nafas menjadi lebih dalam dan tenang.
Kepala subjek anda jatuh kedepan pada dadanya dan nafasnya menjadi dalam dan umum, matikan lampu dan perlahan, sangat perlahan bahwa suara anda seperti berbisik yang bisa di dengar hanya oleh subjek anda, mulai memberikan “formula tidur” anda dengan sugesti verbal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Metode Ormond McGill

Di translate dari buku hypnosis stage ensiklopedia karya Ormond Mcgill Ini adalah metode personal saya dalam menghipnotis yang telah...